MANAJEMEN
Pengertian
manajemen
Sebuah
disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan
organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik
organisasi
Fungsi
manajemen
·
Perencanaan, memuat 5W+1H
·
Perorganisasian,
bertujuan agar orang-orang yang terlibat dalam suatu sistem organisasi dapat
bekerja sama satu dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan bersama
·
Pelaksanaan,
dibutuhkan sebuah motivasi yang dapat membantu menggerakkan kinerja dari setiap
individu untuk mencapai tujuan bersama
Unsur-unsur
manajemen
·
Man/manusia,
akar dari kegiatan dalam sebuah
perusahaan/organisasi
·
Money/uang,
berkaitan dg biaya produksi maupun menggaji
·
Material/bahan,
bahan mentah/bahan baku yg akan diproses sedemikian
rupa sehingga dapat mencapai hasil
·
Machines/mesin,
diperlukan untuk mengolah bahan
·
Methods/metode,
sarana manajemen dalam mencapai tujuan
·
Market/pasar,
tempat
pemasaran produk yg telah diproduksi
Bidang-bidang
manajemen
a.
Manajemen Produksi
Manajemen produksi adalah proses
manajemen yang bertanggung jawab terhadap prencanaan (aktifitas) produksi,
distribusi atau manajemen proyek yang dijalankan oleh sebuah organisasi
Kegiatan manajemen produksi meliputi :(1).
Perencanaan (desain) produksi (2).Pengendalian (berkaitan dengan persediaan)
produksi (3). Pengawasan Produksi (berkaitan dengan mutu/quality control)
Manajemen
pemasaran adalah suatu rencana kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan
berdasarkan analisa situasi dan tujuan yang telah ditetapkan.
Kegiatan
pemasaran antara lain menetapkan product
yang disukai pasar, harga, promosi dan penempatan jalur distribusi :
·
riset pasar merupakan
bagian terpenting untuk mengetahui keinginan, sikap dan tingkah laku konsumen
terhadap produk yang akan dijual.
·
Segmentasi pasar yakni
proses kegiatan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok konsumen yang akan
dilayani oleh perusahaan.
·
Promosi terpadu
(promotional mix) merupakan ussaha memperkenalkan produk secara terpadu
yang dapat dilakukan melalui periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan
personal selling.
·
Fungsi: penjualan,
pembelian, pengangkutan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarrisasi dan
gadinginformasi pasar
c. Manajemen keuangan
Manajemen
keuangan adalah suatu bagian dari manajemen yang fokusnya adalah pengelolaan
dana perusahaan yang efektif dan efesien guna mencapat tujuan yang telah
ditetapkan perusahaan.
Tugas :
· memanfaatkan
peluang dalam memperoleh dana intern maupun ekstern
· Pengalokasian
dana untuk kegiatan perusahaan.
· Penggunaan
dana yg dilakukan secara
efesien & efektif.
d.
Manajemen
personalia
Manajemen personalia adalah bagian dari
manajemen yang memfokuskan perhatiannya pada faktor produksi tenaga kerjadalam
suatun organisasi agar tujuan yant telah ditetapkan dapat dicapai secara
optimal.
Kegiatan
:
·
Pengadaan pegawai dan pemilihan tenaga kerja
· penyeleksian
pegawai untuk menentukan posisi jabatan yang sesuai.
· mengadakan
pelatihan dan pendidikan untuk pegawai.
· Menyediakan
fasilitas, kesejahteraan dan gaji yang memuaskan.
· Melakukan
rotasi jabatan
· Memotivasi
pegawai dengan dmemberikan penghargaan kepada pegawai yang berprestasi.
· melakukan
pemberhentian dan pesiun pegawai.
e.
Manajemen
Administrasi
Manajemen administrasi merupakan
bagian dari manajemen yg
memberikan informasi layanan bidang administrasi yang diperlukan untuk
melaksanakan kegiatan secara efektif &
memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya.
Kegiatan :
· Pengadministrasian
seluruh kegiatan
· Menginventarisasi
peralatan kantor
· Penyediaan
informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan manajemen.
· Melakukan
pengasrsipan data sehingga mudah untuk diakses oleh yang membutuhkan.
Komentar
Posting Komentar