MANAJEMEN





*     Pengertian manajemen
Sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik organisasi

*     Fungsi manajemen
·         Perencanaan, memuat 5W+1H
·         Perorganisasian, bertujuan agar orang-orang yang terlibat dalam suatu sistem organisasi dapat bekerja sama satu dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan bersama
·         Pelaksanaan, dibutuhkan sebuah motivasi yang dapat membantu menggerakkan kinerja dari setiap individu untuk mencapai tujuan bersama


*     Unsur-unsur manajemen
·         Man/manusia, akar dari kegiatan dalam sebuah perusahaan/organisasi
·         Money/uang, berkaitan dg biaya produksi maupun menggaji
·         Material/bahan, bahan mentah/bahan baku yg akan diproses sedemikian rupa sehingga dapat mencapai hasil
·         Machines/mesin, diperlukan untuk mengolah bahan
·         Methods/metode, sarana manajemen dalam mencapai tujuan
·         Market/pasar,  tempat pemasaran produk yg telah diproduksi

*     Bidang-bidang manajemen
a.      Manajemen Produksi
Manajemen produksi adalah proses manajemen yang bertanggung jawab terhadap prencanaan (aktifitas) produksi, distribusi atau manajemen proyek yang dijalankan oleh sebuah organisasi
Kegiatan manajemen produksi meliputi :(1). Perencanaan (desain) produksi (2).Pengendalian (berkaitan dengan persediaan) produksi (3). Pengawasan Produksi (berkaitan dengan mutu/quality control) 

b.     Manajemen Pemasaran 
Manajemen pemasaran adalah suatu rencana kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan analisa situasi dan tujuan yang telah ditetapkan.
Kegiatan pemasaran antara lain menetapkan product yang disukai pasar, harga, promosi dan penempatan jalur distribusi :
·         riset pasar merupakan bagian terpenting untuk mengetahui keinginan, sikap dan tingkah laku konsumen terhadap produk yang akan dijual.
·         Segmentasi pasar yakni proses kegiatan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok konsumen yang akan dilayani oleh perusahaan.
·         Promosi terpadu (promotional mix) merupakan ussaha memperkenalkan produk secara terpadu  yang dapat dilakukan melalui periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan personal selling.
·         Fungsi: penjualan, pembelian, pengangkutan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarrisasi dan gadinginformasi pasar 

c.       Manajemen keuangan
Manajemen keuangan adalah suatu bagian dari manajemen yang fokusnya adalah pengelolaan dana perusahaan yang efektif dan efesien guna mencapat tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.
   Tugas :
·       memanfaatkan peluang dalam memperoleh dana intern maupun ekstern
·       Pengalokasian dana untuk kegiatan perusahaan.
·       Penggunaan dana yg dilakukan secara efesien & efektif.

d.     Manajemen personalia 
Manajemen personalia adalah bagian dari manajemen yang memfokuskan perhatiannya pada faktor produksi tenaga kerjadalam suatun organisasi agar tujuan yant telah ditetapkan dapat dicapai secara optimal.
      Kegiatan :
·       Pengadaan pegawai dan pemilihan tenaga kerja
·       penyeleksian pegawai untuk menentukan posisi jabatan yang sesuai.
·       mengadakan pelatihan dan pendidikan untuk pegawai.
·       Menyediakan fasilitas, kesejahteraan dan gaji yang memuaskan.
·       Melakukan rotasi jabatan
·       Memotivasi pegawai dengan dmemberikan penghargaan kepada pegawai yang berprestasi.
·       melakukan pemberhentian dan pesiun pegawai. 

e.      Manajemen Administrasi 
Manajemen administrasi merupakan bagian dari manajemen yg memberikan informasi layanan bidang administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif & memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya.
Kegiatan :
·     Pengadministrasian seluruh kegiatan
·     Menginventarisasi peralatan kantor
·     Penyediaan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan manajemen.
·     Melakukan pengasrsipan data sehingga mudah untuk diakses oleh yang membutuhkan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) EKONOMI KELAS XI SEMESTER GANJIL

PELAKU EKONOMI dan PERANNYA

KETENAGAKERJAAN