LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK (LKBB)





*    Fungsi lkbb
·         Memberikan pinjaman atau kredit kepada masyarakat yang berpendapatan rendah, agar mereka tidak terjerat
·         Membiayai pembangunan industri dan memperlancar pembangunan ekonomi lewat pembangunan pasar uang dan pasar modal.

*    Jenis lkbb
·         Lembaga Pembiayaan, merupakan badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau modal dengan tidak menarik dana secara langsung dari masyarakat.
·         Asuransi, merupakan suatu metode untuk melindungi seseorang atau perusahaan dari kerugian keuangan yang disebabkan oleh kerusakan atau pencurian aset dan kematian atau kecelakaan.
·         Dana Pensiun, sebenarnya merupakan salah satu cara memberikan jaminan kesejahteraan pada karyawan.
·         Reksa Dana, merupakan wadah menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi (pihak pengelola dana)
·         Perusahaan Penjamin, apabila pengusaha tidak bisa membayar kredit dan berbagai transaksi lainnya, maka perusahaan penjamin yang menanggung.
·         Pegadaian, jika anda membutuhkan dana cepat datanglah ke pegadaian dan anda akan mendapat pinjaman uang tanpa syarat yang rumit.
·         Bursa Efek Indonesia, tempat jual-beli berkas-berkas/surat berharga. Produknya adalah : obligasi (surat  utang – akan dapat bunga), saham (surat ikut serta atas perusahaan – akan dapat deuridan)


*    Prinsip kegiatan usaha lkbb
      Prinsip mengenal nasabah.
Prinsip mengenal nasabah adalah adalah prinsip yang diterapkan LKBB untuk mengetahui latar belakang dan identitas nasabah, serta melaporkan transaksi keuangan mencurigakan serta transaksi yang dilakukan secara tunai, termasuk transaksi yang terkait dengan pendanaan kegiatan terorisme.

*    Produk lkbb
·         Perusahaan pembiayaan
·         Perusahaan sewa-guna (leasing), kegiatan pembiayaan dengan menyediakan barang modal, baik hak opsi maupun tanpa hak opsi untuk digunakan oleh penyewa guna usaha selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara angsuran
·         Perusahaan anjak piutang
·         Perusahaan pegadaian
·         Perusahaan kartu kredit
·         Perusahaan asuransi
·         Perusahaan penyelenggaraan dana pensiun

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) EKONOMI KELAS XI SEMESTER GANJIL

PEMBAHASAN SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER EKONOMI KELAS XI (N0 1-5)

KETENAGAKERJAAN