KD 3.2 Menganalisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya, 4.2 Melaporkan hasil analisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya



MATERI POKOK

Masalah Ekonomi dan cara mengatasinya
·      Inti masalah ekonomi/Kelangkaan
·      Pilihan
·      Biaya peluang
·      Skala prioritas
·      Pengelolaan keuangan
·      Permasalahan pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa)
·      Sistem ekonomi

PEMBELAJARAN

Mengamati :
Membaca tentang inti masalah ekonomi/kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa), dengan menggunakan sistem ekonomi yang berlaku dari berbagai sumber belajar yang relevan

Menanya:
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan inti masalah ekonomi/Kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah pokok ekonomi  (apa, bagaimana, untuk siapa) dengan menggunakan sistem ekonomi yang berlaku

Mengeksplorasi:
Mengumpulkan data/informasi tentang inti masalah ekonomi/Kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa) dengan menggunakan  sistem ekonomi  yang berlaku dari berbagai sumber yang relevan.

Mengasosiasi :
Menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh   dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  dan menentukan hubungan antara inti masalah ekonomi/Kelangkaan, pilihan, biaya peluang, skala prioritas, pengelolaan keuangan, cara mengatasi masalah pokok ekonomi untuk mendapatkan  simpulan dan membuat rencana pemecahan masalah ekonomi

Mengomunikasikan:
hasil analisis dan simpulan masalah ekonomi  dan cara mengatasinya dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

PENILAIAN

Tes  tertulis :
Menilai kemampuan kognitif tentang masalah ekonomi dan cara mengatasinya dalam bentuk objektif dan uraian.

Unjuk kerja :
Menilai kemampuan diskusi/presentasi laporan hasil analisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya

Penilaian produk :
Menilai hasil pembuatan tugas menyusun skala prioritas kebutuhan dan pengelolaan keuangan

Anecdotal Record untuk menilai ranah sikap keagamaan dan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) EKONOMI KELAS XI SEMESTER GANJIL

PEMBAHASAN SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER EKONOMI KELAS XI (N0 1-5)

KETENAGAKERJAAN