KISI-KISI UAS EKONOMI KELAS XI
IPK
|
Indikator Soal
|
|
3.1.1
|
Mendefinisikan
pembangunan ekonomi dan per-
|
Disajikan rumusan
pertumbuhan & pembangunan ekonomi
|
siswa diminta
menentukan rumusan pembangunan ekonomi
|
||
tumbuhan ekonomi
|
Disajikan pernyataan
tentang pembangunan ekonomi
|
|
siswa diminta
menentukan tujuan pembangunan ekonomi
|
||
3.1.2
|
Menjelaskan
permasalahan (pengertian, perencanaan
|
Disajikan pernyataan
tentang kondisi pereokonomian, siswa
|
indikator
keberhasilan, faktor-faktor pengaruh, masalah
|
diminta untuk
menyebukan pengertian kondisi perekonomian
|
|
masalah, kebijakan dan strategi) pembangunan
ekonomi
|
tersebut
|
|
di negara berkembang.
|
||
3.1.3
|
Menjelaskan cara
mengatasi (pengertian, perencanaan
|
Disajikan beberapa
masalah ekonomi yg ada dinegara maju &
|
indikator
keberhasilan, faktor-faktor pengaruh, masalah
|
berkembang. Siswa
diminta menentukan masalah ekonomi
|
|
masalah, kebijakan dan
strategi) pembangunan ekonomi
|
di negara berkembang
|
|
di negara berkembang.
|
Disajikan beberapa
contoh kegiatan pembangunan. Siswa
|
|
diminta menentukan
contoh pembangunan berwawasan
|
||
Lingkungan
|
IPK
|
Indikator Soal
|
|
3.2.1
|
Mendefinisikan pengertian kesempatan kerja, tenga
|
Disajikan sebuah pernyataan tentang ketenagakerjaan, siswa
|
kerja dan angkatan kerja
|
dapat menentukan konsep yang dimaksud
|
|
3.2.2
|
Mengklasifikasi jenis-jenis tenaga kerja
|
Disajikan kondisi ketenagakerjaan di Indonesia, siswa dapat
|
menyebutkan dampak pemanfaatan tenaga kerja anak
|
||
3.2.3
|
Menentukan upaya untuk meningkatkan kualitas tenaga
|
Disajikan pernyataan tentang tenaga kerja, siswa diminta
|
kerja
|
untuk menentukan jenis kebijakan pemerintah untuk meningkat
|
|
kan kualitas tenaga kerja
|
||
3.2.4
|
Mendeskripsikan sistem upah
|
Disajikan sebuah pernyataan tentang pengupahan, siswa
|
dapat menentukan sistem upah yang dimaksud
|
||
3.2.5
|
Mengidentifikasi pengangguran
|
Disajikan pernyataan tentang pengangguran, siswa dapat
|
menentukan jenis pengangguran
|
||
3.2.6
|
Menganalisis permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia
|
Disajikan informasi tentang pengangguran di Indonesia, siswa
|
diminta menentukan cara mengatasi pengangguran di Indonesia
|
||
Siswa diminta menyebutkan dampak pengangguran
|
||
Disajikan pertanyataan tentang kondisi pengangguran, siswa
|
||
dapat memecahkan masalah pengangguran musiman
|
IPK
|
Indikator Soal
|
|
3.3.1
|
Mendefinisikan pengertian pendapatan nasional
|
|
3.3.2
|
Menjelaskan manfaat pendapatan nasional
|
Disajikan manfaat dan tujuan mempelajari pendapatan nasional
|
siswa diminta untuk menentukan manfaat mempelajari
|
||
pendapatan nasional
|
||
3.3.3
|
Mendeskripsikan komponen pendapatan nasional
|
Disajikan informasi tentang komponen pendapatan nasional,
|
siswa diminta menyebutkan komponen pendapatan nasional
|
||
dengan pendekatan pengeluaran
|
||
3.3.4
|
Mencontohkan meode perhitungan pendapatan
|
Disajikan data-data tentang pendapatan nasional Indonesia,
|
nasional
|
siswa diminta menghitung pendapatan nasional dengan
|
|
pendekatan pendapatan.
|
||
3.3.4
|
Mendeskripsikan pendapatan perkapita
|
Siswa diminta menentukan perbedaan pendapatan nasional dan
|
pendapatan perkapita
|
3.4.1
|
Mendefinisikan pengertian APBN dan APBD
|
Disajikan pernyataan, siswa diminta menenetukan tujuan penyusunan
|
APBN
|
||
3.4.2
|
Mendeskripsikan fungsi dan tujuan APBN dan APBD
|
Disajikan pernyataan tentang fungsi APBN, siswa diminta men-
|
nentukan salah satu fungsi APBN
|
||
3.4.3
|
Menjelaskan sumber penerimaan negara dan penerimaan
|
Disajikan sumber pendapatan daerah, siswa diminta menentukan
|
daerah
|
pendapatan asli daerah
|
|
Siswa diminta dapat menetukan jenis pendapatan yang tidak
|
||
termasuk pendapatan asli daerah
|
||
3.4.4
|
Mengklasifikasi jenis pengeluaran negara dan daerah
|
Disajikan komponen APBN, siswa diminta menentukan jenis
|
pengeluaran rutin
|
||
3.4.5
|
Mencontohkan mekanisme penyusunan APBN dan APBD
|
Siswa dapat menetukan bentuk kebijakan pemerintah
|
3.4.6
|
Menjelaskan pengaruh APBN dan APBD dalam per-
|
Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan dampak APBN
|
ekonomian
|
terhadap perekonomian
|
IPK
|
Indikator Soal
|
|
3.5.1
|
Mendefinisikan pengertian pajak
|
Disajikan pernyataan, siswa diminta menentukan salah satu jenis tarif
pajak
|
3.5.2
|
Mendeskripsikan fungsi pajak
|
Disajikan pernyataan tentang fungsi pajak, siswa diminta men-
|
nentukan salah satu fungsi pajak
|
||
3.5.3
|
Menjelaskan manfaat pajak
|
Disajikan contoh tentang manfaat pajak di Kota Pekanbaru, siswa
|
dapat menentukan salah satu jenis manfaat pajak
|
||
3.5.4
|
Menganalisis besaran pajak
|
Disajikan pernyataan tentang pajak penghasilan, siswa
|
diminta menyebutkan sistem pemungutan pajak
|
||
3.5.5
|
Menentukan jenis pajak
|
Siswa diminta menentukan contoh jenis pajak tidak langsung
|
Disajikan pernyataan, siswa diminta menentukan jenis pajak
|
||
yang dipunggut oleh pemerintah pusat
|
||
Disajikan pernyataan, siswa diminta menentukan asas
|
||
pemungutan pajak
|
||
Disajikan pernyataan cara pemungutan pajak, siswa diminta
|
||
menentukan prinsip pemungutan pajak
|
||
Disajikan pernyataan tentang pajak, siswa diminta menentukan
|
||
objek pajak bumi dan bangunan
|
||
3.5.6
|
Menentukan perbedaan pajak dengan pungutan resmi
|
Disajikan pernyataan, siswa diminta menentukan jenis pajak
|
lainnya
|
penerimaan bukan pajak
|
|
Siswa diminta menentukan jenis iuran bukan pajak
|
||
3.5.7
|
Menganalisis peran pajak
|
Disajikan pernyataan tentang peran pajak, siswa diminta men-
|
nunjukan yang bukan merupakan peran pajak.
|
||
Disajikan pernyataan tentang pajak, siswa diminta menentukan
|
||
peran pajak dalam transaksi ekonomi
|
||
Disajikan pernyataan tentang pajak, siswa diminta menentukan
|
||
pengaruh pajak dalam perekonomian
|
Komentar
Posting Komentar